jilbab dikepalaku??


Assalmu’alaikum wr wb!!

Alhamdulillah akhirnya saya menulis lagi, setelah sekian lama gak bergoyang2 ni jari, hehehe
ini mah edisi spesiaal buat teman2ku yang perempuan, sebagai rasa sayangku pada mereka, hehehe
soalnya saya gak mau nih info dan ilmu yang bermanfaat ini cuman saya yang tau.. hehehe so so.. Emm tapi beneran serius loh ini maah.

Oke deh, anggap saja ni notes bahan berbagi cerita saja y..

Teman-teman, ayo kita bersyukur, karena kita berada di era sekarang, ditahun 2010.
Loh apa hubunyangnya gin? hehe begini loh teman2 aku mau curhat dulu nih, hehehe, jadi hati ini sempet sedih deh, waktu aku baca sebuah buku yang nyeritain perjuangan seorang perempuan untuk memakai jilbab di taun 1989an, kita semua tahu pada saat itu kerudung dilarang dipakai bagi anak sekolah, dan kerudung adalah suatu hal yang dianggap tabu oleh orang2 indonesia pada saat itu,(inget tugas bahasa inggris yang disuruh translate ma bu lili? yang tentang muslim’s headscraft) hehehe nah mirip2 gitu lah ceritanya, tapi yang ini lebih nyebelin lagi.

Mita suatu saat menemukan selebaran yang ada disekolahnya, tepatnya lagi seperti buletin atau pamflet lah kurang lebih, di pamfletnya ia membaca sebuah hadits rasul, yang isinya menceritakan tentang balsan bagi wanita yang membuka auratnya. setelah peristiwa itu mita yang emang lagi lucunya krena dia masih kelas 2 smp saat itu, langsung ngambil tuh selembaran dan ngeliatin ke temen2 se-gank-nya, mita adalah anak gank loh temen2 kerjaa gank-nya tuh ngusilin orang2 di kompleknya, eh suatu hari ni gank insaf bareng2 loh, mereka serentak pada pake jilbab, tapi karena kondisi pada saat itu banyak sekali pihak yang kontra, satu persatu mereka melepas kerdungnya, kecuali mita. Ia tetap tegar memakai jilbabnya, meski ia diancam dikeluarkan dari sekolahnya oleh kepala sekolahnya yang jelas2 dia seoarng HAJI, dan jelas2 dia sebetulnya mengakui kebenaran yang dilakukan oleh mita, akan tetapi pada saat itu dia tidak bisa bertinak apa2 dia hanya berkata pada mita, bahwa ini sekolah negeri mita, bukan madrasah. (Whhaat?? so whaaat??? emangnya kalo dikerudung kenapa pak? kecantikan seoarng permpuan jadi pudar gitu? perempuan jadi tak bisa bersaing dengan laki2? atau temen2 saya nanti pada menajuh? atau pemerintah dirugikan karena saya berjilbab??) sudah2 sudah itu kan jaman dulu.. hehehe. tapi pada akhirnya karena mita siswa yang berprestasi, mengikuti berbagai perlombaan yang membawa nama harum bagi sekolahnya, otomatis tuh kepala sekolah mengizinkan. Alhasil dari hari kehari mita berubah ke arah yang lebih baik.

Apalagi kita sahabat, sebagai muslim tau bahwa menutup aurat adalah sebuah kewajiban, apalagi bagi kita yang sudah balig, yang udah menunaikan kewajiban kewajiban yang Alloh kasih, misalnya sudah rajin shalat, puasa dan mengaji, terkadang anggapan bahwa dengan shalat, shaum dan tidak menyakiti perasaan orang lain, itu juga sudah cukup untuk menjalankan kemusliman kita, loh bagamina dengan kewajiban2 Alloh yang lain, yaitu agar kita menutup aurat? Itu juga sama2 kewajiban Alloh yang diperintahkan untuk kita, setengah2 menjalankan kewajiban Alloh memang gak apa2? sementara semakin sering orang2 yang bukan muhrim melihat aurat kita, semakin bertambah kah dosa kita?? Ehhmm ayo kita merenungkan lagi masalah ini.

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan ALLOH SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).

betul sekali, mengapa kita harus berjilbab? itulah yang menjadi identitas kita sebagai muslim,agar mudah dikenal. maksudnya dengan jilbab lah yang membedakan kita dengan nonmuslim (emm jadi inget katanya bu diden yaa.. sering banget ibu bilang kaya gitu). dan “mereka tidak mengganggu” benar sekali loh, ternyata orang lebih menghormati terhadap orang2 yang memakai jilbab.

Oh iya ternyata hadits iniloh yang dibaca oleh mita, temen2 mau baca? okee

Sayidina Ali r.a menceritakan bahwa suatu ketika dia melihat rasulullah menangis manakala dia datang bersama fatimah. Lalu keduanya bertanya mengapa rasul menangis.

Beliau menjawab, “Pada malam ketika aku diisra-kan, aku melihat perempuan-perempuan yang sedang disiksa dengan berbagai siksaan. Itulah sebabnya menagapa aku menagis. Karena menyalsikan mereka yang sangat berat siksanya.

Putri rasulullah kemudian bertanya apa yang dilihat ayahandanya.

“Aku lihat perempuan digantung rambutnya, otaknya mendidih. Aku lihat perempuan digantung lidahnya, tanganya diikat ke belakang dan timah cair dituangkan kedalam tengkoraknya, rasulullah saw menjawab, “Wahai putriku, adapun mereka yang tergantung rambutnya hingga otaknya mendidih adalah wanita yang tiak menutup rambutnya sehingga terlihat oleh laki-laki yang bukan muhrimnya.”

Naudzubillah, pantas saja mita dan teman2 se-gank-nya langsung memakai jilbab, subhanalloh, sayangnya zaman dulu begitu sulit untuk berjilbab, beda dengan sekarang. kita bebas untuk berjilbab. Alhamdulillah ya kita diberi kesempatanyang lebih besar oleh Alloh. Dan tinggal kita saja, apakah mau menjemput kesempatan terbaik yang udah Alloh kasiih?

Sekarang malah banyak wanita2 yang berjilbab dan mampu mencapai mimpi2nya yang luar biasa. Dan teman2 kita pun pasti akan senang jika melihat kita berjilbab, betul kaann.. hehehe. Nah kalo akhirnya kita punya niat untuk berjilbab tapi bagaimana jika kita menerima olok2 dari teman kita? ehmm lailaahh.. emang masiih jaman ya ngehina orang?? Yang namanya teman yang baik kan selalu memberitahu hal2 yang baik, kalo misalnya nanti teman2 kita mengolok2 kita, ya timpal aja lagii, dengan kata seperti ini “sebenernya, kamu tuh cantik lohh pake jilbab.. bener looh” hehehe nantinya dia speechless. hihihi.

Jangan dikira dengan dijilbab kita masih tetep bisa jadi anak gaouul loooh (hahaha plis deh gin itu alay tulisanya), tetep bisa jadi dokter, jadi designer, jadi presenter, (studio TV nya aja yang gak gaul kalo ga ngebolehin bawain acara pake jilbab) hehehe ngajak ribuut pisaan. yaa pokonya jadi segalanya deeh (hehehe lebaay ah, tapi Insya Alloh, Alloh bakal nhasih rezeki dengan jalan yang berbeda2 dan tak diduga, soo hari gini masiih raguu? lailaahh…peliss ah).

dan di surat lain pun Alloh berfirman :

“Katakanlah kepada orang-orang laki-laki yang beriman “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, apa yang mereka perbuat.” “Katakanlah kepada wanita yang beriman :”Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka meukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” QS Annur 30-31

Alhamdulillah akhirnya selesai juga ceritaku, hehehe. mudah2an nih berita gak cuman nyampe ditemen2 aja ye, aamin, mohon maaf apabila ada kesalahan yaa. dan mudah2an ini bermanfaat, aamin, silahkan ambil hikmahnya masing2, karena begitu banyak hikmah dibalik setiap peristiwaa(halaaah, hehehe). Thankyu (makasih) ah yang udah baca yaa.. hehehe.

Wassalmu’alaikum wr wb.

sumber: cerita “mita” dikutip dari buku secarik kain dikepalaku
karangan Enno El Khairity dkk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s