Image: Suka Traveler?


buku naked traveler by trinity

kali ini aku akan membahas maslaah traveler, setelah baca buku-bukunya trinity memeang membuat kita ingin mengelilingi dunia. karena tanpa disadari banyak sekali hal unik di dunia ini, dan banyak sekali keindahan Allah yang luar biasa indahnya. tapi sebenarnya seberapa penting kita perlu mengelilingi dunia? apakah kita akan rugi bila tidak megnelilingi dunia? ya jangan dunia banget lah setidaknya mengelilingi sebagian eropa, sebagian asia atau sebagian amerika dan australia. menurut pendapatku justru mengelilingi dunia adalah sebuah kewajiban, bahkan Allah pun memerintahkan kita untuk menjelajahi bumi ini bukan? Jadi terinat perkataan seorang dosen, “bukan salah orang lain bila anda tidak mengelilingi dunia, tapi salah anda sendiri” bener banget, udah gitu sebenernya banyak manfaat yang akan kita dapat dari mengelilingi dunia, kita dapat mengenal adat dan budaya manusia di belahan dunia tyang lain, memperkaya wawasan kita, dan memperkaya pengalaman kita. Bila saya membicarakan hal mengelilingi dunia, saya bisa bicara panjang lebar, tapi kenyataanya saya sendiri belum pernah mengelilingi dunia, bahkan Indonesia, keinginan itu selalu ada, namun masih belum terwujud, tak masalah, selama itu ada keinginan, suatu saat nanti pasti akan terwujud, aamiin. Setidaknya keinginan kuat inilah yang seharusnya kita tanamkan di dalam hati, indah sekali rasanya bisa “mengelilingi indonesia” lalu “mengelilingi asia”, “mengelilingi eropa”, “mengelilingi amerika”, “mengelilingi australia” dan “mengelilingi afrika”. benua mana yang akan sering saya kunjungi suatu saat nanti ? Sebagai warnag negara indonesia, yang tidak pernah menginjakan kaki di negara lain saya tentu merasa kecewa, sangat kecewa, ingin rasanya saya menginjakan kaki di negara lain, negara yang ingin saya kunjungi adalah korea selatan, jepang dan tentunya yang wajib banget, mekah dan madinah.

Leave a Reply

