Sinusitis


Penyakit sinusitis diderita oleh hampir semua anggota keluargaku, aku, bapak dan kakakku sepertinya menderita penyakit ini. Gejala yang sering aku rasakan adalah bersin-bersin dan sakit disekitar hidung, muka terutama daerah pipi dekat hidung,  dan pusing. Kllau penyakit ini sudah kambuh, luar biasa, aku bisa sampai bersin-bersin dan mengeluarkan air mata dengan sendirinya. Sebenernya apa sih yang menyebabkan sinusitis? berdasarkan blog yang saya baca, saya mendapatkan keterangan bahwa penyebab sinusitis bisa terjadi karena adanya gangguan aliran udara dari dan ke rongga sinus dan gangguan pengeluaran cairan mucus. Atau bisa juga disebabkan oleh adanya tumor, trauma tertentu dan rusaknya rambut silia yang berfungsi mendorong mucus keluar dari rongga sinus. Tahukah apa yang dapat merusk rambut silia? Asap rokok!  Asap rokok ini merusak rambut silia yang mengakibatkan mucus menjadi menumpuk dan menjadi sarang tumbuhnya bakteri atau virus.Sampai saat ini penyakit sinusitis saya belum sembuh, saya menderita sinusitis yang semakin parah sejak lulus SMA, sebenarnya ada cara yang dapat menangani penyakit sinusitis ini salah satunya degan konsumsi obat, tapi karena saya termasuk orang yang malas mengkonsumsi obat dan entah kenapa saya kuliah di farmasi yang sebenarnya keseharianya akan berkaitan dengan obat, namun saya lebih prepare mencegah saja, sampai saat ini saya mencegah sinusitis dengan menjaga stamina tubuh dan menghindari asap rokok dan segala alergen yang dapat memicu kambuhnya penyakit sinus ini. Bagaimana cara menangani sinusitis? ada 2 kemungkinan, bila sinusitis disebabkan oleh bakteri maka bisa diberikan antibiotik yang sesuai dan bila disebabkan virus maka tidak perlu antibiotik namun alangkah baiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

