Mental


Compounding Dispensing, kalau saya dan teman-teman kuliah biasa menyebut mata kuliah ini dengan singkatan Compdis (komdis), wah menurut saya ini adalah mata kuliah yang paling saya takuti pertama, kedua adalah anfisman, hehehe. Kenapa saya takut? ini semua akibat mendengar cerita dari kakak kelas dan teman-teman yang lain, sudah hal yang lumrah bagi kami mahasiswa farmasi tingkat 2 menganggap kedua matkul ini adalah matkul yang cukup bikin deg-degan, bila kuliah di kelas sih tidak masalah bagi saya, yang bikin deg-degan adalah praktikumnya, padahal saya belum merasakan praktikum compdis, kalau praktikum anfisman saya sudah merasakanya, jujur memang saya sering deg-degan kalau mau praktikum anfisman, padahal alhamdulillah selama saya praktikum anfisman I saya menyiapkannya dengan baik tapi tetep aja masih deg-degan, apa sih sebenernya yang membat saya tetep deg-degan? apakah asistenya yang sesuatu, atau super asistenya yang sesuatu, atau berbagai faktor yang berkaitan dengan nilai dan diskusi? Ah itu semuanya memang bikin deg-degan, dan sebenarnya itu semua tidak bisa dihindari, seharusnya dihadapi dengan sewajarnya. Masalahnya hanya satu sebenernya, yaitu “mental”. Sebagai anak farmasi saya dituntut untuk bermental baja, tahan terhadap segala tekanan, karena pekerjaan farmasi nantinya akan menyangkut keselamatan dan bahkan nyawa seseorang (pasien). Solusinya sebelum kita memulai praktikum, agar kita tidak di keluarkan saat praktikum karena tidak bisa mengerjakan apa-apa adalah persiapan yang matang sebelum praktikum, memahami apa yang akan dikerjakan saat praktikum dan memahami apa manfaatnya yang paling penting bisa mengaplikasikanya. Dan jalani itu, waau awalnya terasa sangat berat, suatu saat nanti setelah terjun ke dunia nyata katanya akan terasa lebih sulit, jadi merupakan hal yang wajar bila kita dididik dengan cara ditekan seperti saat ini, agar nanti kita kuat mental. Tapi sejujurnya saya adalah termasuk orang yang bermental tempe, namun begitu saya terus menjalaninya, setidaknya seiribng berjalanya waktu mental saya menjadi mental baja, doakan saja🙂

Leave a Reply

